Senin, 30 Desember 2013

Tujuan Diciptakannya Manusia


Tentu Anda tahu siapa yang menciptakan jin dan manusia kan? Ya. Ialah Allah SWT. Allah yang menciptakan semua apa yang ada di alam semeste ini. Allah menciptakan semua ini pasti dengan maksud tertentu. Tak ada yang sia-sia. Mari kita renungkan dan jawab pertanyaan-pertanyaan ini:

Apa maksud diciptakannya mata kita?
Mata diciptakan untuk melihat.
Apa maksud diciptakannya telinga?
Telinga diciptakannya untuk mendengar.
Apa maksud diciptakannya lidah?
Lidah diciptakan untuk berbicara.
Apa maksud diciptakannya tangan?
Tangan diciptakan untuk memegang.
Apa maksud diciptakannya kaki?
Kaki diciptakan untuk berjalan.
Apa maksud diciptakannya hidung?
Hidung diciptakan untuk merasakan aroma.
Apa maksud diciptakannya diri kita? 

Apa maksud diciptakaanya diri kita (manusia)?

Allah berfirman, "Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembahKu." (QS. Adz Dzariyat : 56).

“Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembali-kan kepada Kami?” (Al-Mukminun: 115).


“Apakah manusia mengira, bahwa ia akan dibiarkan begitu saja (tanpa pertanggungjawaban)?” (Al-Qiyamah: 36).


Allah Subhanahu wata’ala mengabarkan bahwasanya Dialah yang menciptakan jin dan manusia. Dan bahwasanya hikmah dari penciptaan mereka adalah untuk mengesakan-Nya dengan ibadah dan mengingkari peribadatan kepada selain-Nya. Dan sesungguhnya diciptakannya mereka hanya untuk ibadah dan Allah akan cukupkan rezeki mereka. Dia Maha Benar janji-Nya, Maha Berkuasa kehendak-Nya karena Dia al-Qowiyyul Matin (Maha Kuat lagi Maha Kokoh).
Kita semua diciptakan Allah untuk beribadah kepadaNya. Mari kita bertanya kepada diri kita sendiri, sudahkan kita beribadah kepada Allah? Sudahkan kita menggunakan hidup ini dengan sebaik-baiknya untuk beribadah kepada Allah?

Untuk apa mata kita selama ini?
Untuk apa telinga kita selama ini?
Untuk apa lidah kita selama ini?
Untuk apa tangan kita selama ini?
Kemanakan kita melangkahkan kaki kita selama ini?

"Katakanlah wahai hamba-hambaKu yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah maha mengampuni semua dosa. Sungguh Dia Maha Pengampun dan Maha Penyayang. Kembalilah kamu kepada Tuhanmu dan berserah sirilah kepada-Nya." (QS. Az-Zumar: 53-54)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar